Tangisan Yazid Bin Martsad

 Saya pernah mengajukan pertanyaan terhadap Yazid bin Martsad Tangisan Yazid bin Martsad

Abdurrahman bin Yazid bin Jabir berkata; Saya pernah mengajukan pertanyaan terhadap Yazid bin Martsad, “Apa yang menghasilkan kedua matamu tidak pernah kering dari tangisan?” Dia menjawab, “Mengapa engkau mengajukan pertanyaan menyerupai itu?” “Maksudku, siapa tahu dengan jawabanmu, Allah akan menampilkan kemanfaatan bagiku.” “Dia yakni menyerupai yang engkau lihat.” “Apakah hal ini yang terjadi di kawasan khalwatmu?” “Demi Allah, hal itu terjadi di mana saja. Terkadang kepadaku diberikan makananku, tetapi tangisku menghalangiku untuk memakannya. 

Terkadang saya mau menggauli istriku, tetapi tangisku menghalangiku untuk menggauli nya. Tangisku juga menghasilkan keluargaku menangis, demikian juga anak anakku, dan mereka tidak tahu apa yang menghasilkan mereka menangis. Sehingga istriku berkata, “Alangkah malangnya! Mengapa saya terpilih untuk bersedih bersamamu dibandingkan perempuan-perempuan lainnya? Saya tidak sanggup mencicipi kehidupan bersamamu juga tidak sanggup mencicipi kemesraan yang dicicipi wanita bareng suaminya!” 

Saya bertanya, “Wahai saudaraku, apa yang membuatmu menangis?” Dia menjawab, “Wahai saudaraku, demi Allah, seandainya Allah mengancamku bahwa jikalau saya melakukan maksiat terhadap-Nya, tentu saya akan dipenjara di kamar mandi, apakah dikala itu saya layak jikalau terus menangis? Namun bagaimana jikalau Allah mengancamku jikalau saya melakukan maksiat terhadap-Nya tentu saya di penjara di neraka Jahanam?”

-----------------------------------------------------------------
sumber : 500 Kisah Orang Sholeh, Karya Ibnul Jauzi. Cetakan Pustaka al-Kautsar, hal. 126

Belum ada Komentar untuk "Tangisan Yazid Bin Martsad"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel