Orang Yang Masuk Islam Lebih Dahulu Dengan Yang Belakangan

Dari Jarir, ia berkata; Saya mendengar Al-Hasan berkata, “Suatu hari tiba ke tempat tinggal Umar bin Al-Khathab beberapa orang pembesar Quraisy, merupakan Suhail bin Amr, Harits bin Hisyam dan Sufyan bin Harb dan beberapa orang dari kelompok pembesar Quraisy lainnya. Bersamaan dengan itu tiba pula Shuhaib dan Bilal dan beberapa orang mawali (mantan budak yang sudah dibebaskan) yang sudah ikut berjuang dalam perang Badar. Kemudian keluar izin dari Umar terhadap mereka untuk masuk, sementara ia membiarkan para pembesar Quraisy tidak masuk. Menyaksikan itu Abu Sufyan berkata, “Saya tidak pernah mendapati satu keadaan seumpama ini sama sekali sebelumnya. Kepada para mantan hamba sahaya itu diberikan izin, dan sama sekali tidak menampilkan perhatian terhadap kami!”

Suhail bin Amr, yang dipahami selaku orang yang rasional, berkata, “Hai orang-orang Quraisy, aku menyaksikan di muka kalian ada tanda ketidaksenangan atas insiden tadi. Jika kalian marah, maka marahlah terhadap diri kalian sendiri. Karena, mereka diajak untuk memeluk Islam juga kalian diajak untuk memeluk Islam. Dan, mereka bersegera memeluk Islam, sementara kalian telat menerimanya. Bagaimana kalau mereka diundang pada hari kiamat, sedangkan kalian ditinggal? 

Demi Allah, keunggulan yang sudah mereka raih dan memenangkan kalian itu, jauh lebih tinggi dari sekadar kehormatan di pintu tersebut yang sudah kalian permasalahkan.” Kemudian ia membenahi pakaiannya, dan berikutnya pergi. Al-Hasan berkata, “Mahabenar Allah, dan apa yang diucapkan Suhail. Allah tidak akan menyamakan kedudukan antara hamba-Nya yang secepatnya menyambut panggilan dakwah-Nya, dengan hamba-Nya yang lambat memperoleh untuk taat kepada-Nya.”

-------------------------------------------------

sumber : 500 Kisah Orang Sholeh. Karya Ibnul Jauzi, hal. 77


Belum ada Komentar untuk "Orang Yang Masuk Islam Lebih Dahulu Dengan Yang Belakangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel