Hampir 'Arsy Menimpa Umar Bin Khattab

Abbas bin Abdil Muthalib berkata: Saya bertetangga dengan Umar bin Al-Khathab. Dan saya tidak dapati seseorang yang lebih utama dibandingkan dengan Umar. Pada malam hari beliau shalat. Dan siang harinya beliau berpuasa serta menunaikan kebutuhan orang lain. 

Ketika Umar meninggal, saya memohon terhadap Allah agar diperlihatkan dirinya dalam mimpi. Maka saya melihatnya dalam mimpi sedang pulang dari pasar Madinah. Saya pun mengucapkan salam kepadanya dan beliau pun membalas salam. Kemudian saya mengajukan pertanyaan kepadanya, "Bagaimana keadaanmu?" Dia menjawab, "Baik." Saya kembali bertanya, “Apa yang engkau dapati?" Dia menjawab, "Saat ini, setelah saya final melakukan perkiraan amal perbuatan, nyaris saja Arasy menimpaku, tetapi saya mendapati Rabb ku Maha Penyayang (sehingga saya diampuni)."

Saya berkata; Ibnu Umar pernah berkata, "Saya menyaksikan ayahku dalam mimpi. Saya pun mengajukan pertanyaan kepadanya: Bagaimana keadaanmu?" la menjawab, "Baik. Hampir saja Arasy menimpaku, tetapi saya mendapati Rabb-ku Maha Pengampun (sehingga saya mendapat ampunan)” Dia bertanya, "Sudah berapa usang saya berpisah dengan kalian?" Saya menjawab, "Sejak dua belas tahun lalu."

la berkata, "Saya dikala ini gres saja final proses hisab atas amal perbuatanku." (Hilyatu Al-Awliya (1/28).

--------------------------------------------------

sumber : 500 Kisah Orang Sholeh. Karya Ibnul Jauzi, hal. 74-75

Belum ada Komentar untuk "Hampir 'Arsy Menimpa Umar Bin Khattab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel