Pernikahan Putri Bubuk Darda

Tsabit menceritakan terhadap kami; Yazid bin Muawiyah meminang ke Abu Darda biar menikahkannya dengan putrinya. Namun Abu Darda menolaknya. Salah seorang kawan duduk Yazid berkata kepadanya, "Semoga Allah memperbaikimu! Apakah engkau membolehkan aku untuk menikahinya?" Yazid menjawab, “Enyahlah engkau dari wilayah ini! Celaka engkau!"

Ia berkata, "Izinkanlah! Semoga Allah memperbaikimu" Ia menjawab, "Ya, aku izinkan." Maka, orang itu pun meminangnya. Dan, Abu Darda menikahkan putrinya dengan orang itu.” Maka tersebarlah isu di penduduk luas bahwa Yazid meminang putri Abu Darda, tetapi Abu Darda menolaknya. Kemudian ada seorang dari kelompok muslimin yang lazim saja, yang meminangnya, dan Abu Darda menikahkan orang itu dengan putrinya.

Abu Darda berkata, “Saya menatap putriku Darda, dan secepatnya terpikir olehku bagaimana akhirnya Darda jikalau beliau dinikahi oleh orang yang dikebiri? Dan aku menatap rumah-rumah yang bersinar dengan kekayaan, aku mengajukan pertanyaan ke mana nanti agama Darda jikalau beliau kawin dengan orang menyerupai itu?" (Lihat; Hilyatu Al-Awliya (1/114), dan Shifatu Ash-Shafwah (1/141).

-----------------------------------------------------

sumber : 500 Kisah Orang Sholeh. Karya Ibnul Jauzi, hal. 73

Belum ada Komentar untuk "Pernikahan Putri Bubuk Darda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel